tips mengelola stress

Tips Mengelola Stress Kerja, Supaya Semangat kembali !

Setiap orang yang bekerja pasti pernah merasakan stres. Stres di tempat kerja (burnout) didasari  berbagai faktor, seperti pekerjaan yang tidak ada habisnya, beban kerja, dan lingkungan kerja yang kurang nyaman. Kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatasi Stres kerja agar tetap sehat baik secara fisik maupun mental dan membuat kamu menjadi semangat lagi. Munculnya Stres kerja biasanya disebabkan oleh atasan yang kurang bisa memberikan dukungan, beban atau waktu kerja yang berlebihan, rekan kerja yang suka membully atau tidak suportif, serta melakukan kekerasan fisik di lingkungan kerja. kamu pasti mempunyai tips mengelola stress kerja versi kamu sendiri bukan? mulai dari mendengar musik, sampai makan dan minum Favorit kita. Mari kita membahas satu per satu Tips mengelola Stress kerja menjadi semangat kembali.

Tanda-Tanda Stress di Tempat Kerja

Merasa kesulitan untuk memusatkan perhatian pada tugas-tugas pekerjaan yang diberikan. Suasana hati yang mudah berubah atau cenderung labil seperti menjadi mudah tersinggung, marah, atau depresi juga dapat menjadi pertanda mengalami stress. Berikut adalah tanda-tanda stress di tempat kerja.

  • Penurunan Kinerja
  • Perubahan Suasana Hati
  • Inisiatif dan Kreatiftas yang berkurang
  • Tidak Sabar
  • Lebih suka menyendiri
  • Kehilangan semangat bekerja
  • Sering Sakit
  • Muncul Masalah Interpersonal

Cara Mudah Mengelola Stress saat Bekerja

Agar stress tidak hadir terus-menerus di pikiran kamu yang akan membuat Mood kamu menjadi berantakan ada beberapa cara mudah mengelola Stress di tempat kerja ini.

1. Hindari Konflik di Tempat Kerja

 Langkah pertama supaya kamu tidak mengalami stress di tempat kerja adalah hindari konflik di tempat kerja. Hindari segala hal yang berisiko menjadi konflik atau masalah di kantor. Bukan hanya pekerjaan yang bertumpuk, memiliki konflik atau masalah pribadi di kantor juga bisa memicu seseorang mengalami stress. Jadi, jika memungkinkan sebaiknya hindari masalah-masalah sensitif yang bisa menimbulkan konflik. Hindari bergosip dan jangan terlalu menceritakan masalah pribadi ke dalam kantor agar kamu bisa memiliki lingkungan kerja yang sehat.

2. Bersihkan dan Rapikan Meja Kerja Kamu

Merapikan meja kerja adalah cara Simple untuk mengurangi Stress saat bekerja, meja kerja yang tersusun rapi dan bersih dapat membuat suasana hati kamu menjadi happy saat bekerja.

3. Lakukan Stretching sejenak

Sejenak Melakukan Stretching tak hanya bermanfaat untuk kesehatan Fisik, tetapi juga menjaga kesehatan mental kita. Lakukanlah sejenak Stretching ini dengan gerakan simple di area lengan, bahu dan juga kepala. Gerakan-gerakan ini bisa meregangkan otot dan meningkatkan Oksigen ke otak sehingga strees dapat terkendali dengan baik.

4. Mendengarkan Musik

Mengdengar Musik-Musik di tempat kerja Efektif mengatasi stress kerja. Karena dengan mendengarkan musik dapat mengurangi dan melepas hormone kortisol (Hormone Stress) dalam tubuh, sehingga Stress yang kita alami menjadi berkurang.

5. Istirahat dengan Optimal

Pastikan kamu beristirahat dengan tepat dan mempunyai waktu yang cukup. Dan ketika kamu sedang libur diakhir pekan, Luangkan waktu untuk melakukan berbagai hal menyenangkan agar stres yang kamu alami bisa dikelola dengan baik. Jangan biarkan waktu libur akhir pekan terasa sia-sia. Jika kamu tidak ingin melakukan apapun di akhir pekan, kamu bisa mengoptimalkan saat itu untuk istirahat. Pastikan saat kembali ke kantor di minggu selanjutnya, kamu sudah siap menyambut pekerjaan yang baru.

Nah itu adalah tips mengelola Stress kerja yang perlu kamu coba supaya kamu lebih bersemangat dan mempunyai energi postif di tempat kerjaan kamu. Karena bekerja adalah sebuah rutinitas yang harus kita jalanin dan kita syukuri. Bagikan pengalaman seru kalian ketika mencoba tips ini di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *